Penyebab Kanker Paru-Paru Pada Wanita

Penyebab Kanker Paru-Paru Pada Wanita – Kanker paru-paru termasuk penyakit yang cukup berbahaya dan bisa diderita oleh siapa saja baik itu pria maupun wanita, namun berikut ini kami akan berikan informasi seputar penyebab kanker paru-paru, khususnya wanita ? Silakan di simak penjelasannya !

Penyebab Kanker Paru-Paru Pada Wanita

Kanker yang menyerang paru-paru akan menggerogoti secara perlahan hingga organ pernapasan tersebut mengalami gagal fungsi, namun kebanyakan penderitanya adalah pria karena peria kebanyakan memiliki kebiasaan merokok.

Namun tidak menutup kemungkinan jika anak-anak dan wanita juga bisa memiliki risiko terkena kanker paru-paru jika berada di lingkungan yang memicu penyakit tersebut muncul.

Penyebab kanker paru-paru pada wanita harus bisa dihindari agar penyakit berbahaya tersebut tidak sampai menyerang kaum wanita.Akibat kanker paru-paru sangat berbahaya terutama jika terlanjur menyebar ke organ tubuh lainnya.

Mengetahui ciri-ciri kanker paru-paru juga perlu diwaspadai, guna untuk menghindari atau mencegah terjadinya hal buruk akibat penyakit ini sehingga kita bisa segera bertindak jika mengalami salah satu ciri tersebut.

Apabila terlambat mengetahui semua ciri dan gejala kanker paru-paru serta cara mencegahnya maka kanker ini bisa berkembang dan akan memasuki stadium 3 yang menandakan kanker yang sudah sangat parah.

Penyebab Kanker Paru-Paru Pada Wanita

Sebelumnya telah disebutkan bahwa wanita pun rentan mengalami kanker paru-paru, karena itu wanita perlu mengetahui penyebabnya secara pasti agar bisa terhindar dari kanker yang membahayakan nyawa.

Berikut ini ada beberapa penyebab kanker paru-paru pada wanita yang paling berbahaya sehingga perlu anda ketahui diantaranya :

  • Paparan Radiasi

Paparan radiasi dari sinar X yang pernah dilakukan seseorang wanita pada bagian dada bisa memperbesar resiko terkena kanker paru-paru.Sinar X atau X-ray merupakan gelombang yang cukup kuat hingga bisa memberikan efek samping jika dipaparkan ke tubuh kita.

Selain itu, radiasi nuklir juga bisa menyebabkan seorang wanita terkena kanker paru-paru sehingga sebaiknya hindari tinggal di kawasan yang menggunakan tenaga nuklir sebagai sumber tenaga penggerak.

Ada satu lagi gas radioaktif yang disebut gas radon yang bisa menyebabkan wanita terkena kanker paru-paru , dimana gas tersebut berasal dari tanah dan bebatuan namun jumlahnya sangat kecil serta gas ini memang muncul secara alami.

  • Populasi Udara

Wanita yang tinggal di kawasan industri dimana udara lingkungan tercemar asap pabrik memiliki risiko yang sangat tinggi terkena kanker paru-paru.Menurut data WHO, Asia Tenggara termasuk di dalamnya Indonesia merupakan penyumbang polusi udara terbesar kedua di dunia.

Karena itu para wanita di kawasan tersebut sangat rentan mengalami kanker paru-paru.Selain asap pabrik, asap kendaraan bermotor juga bisa memberikan kontribusi yang sama terhadap meningkatnya kasus kanker paru-paru di Indonesia.

  • Tempat Kerja Tertentu

Lingkungan tempat kerja juga turut mempengaruhi tingginya resiko kanker paru-paru yang menyerang wanita.Jika wanita bekerja di tempat pabrik asbes, silika, arsenik, tambang batubara dan nikel maka akan sangat berisiko terserang kanker paru-paru yang mematikan.

Apalagi bekerja pada tempat tersebut memakan waktu bertahun-tahun sehingga senyawa karsinogenik yang terhirup menumpuk di dalam paru dan menimbulkan aktivitas sel yang tidak normal hingga muncul kanker paru-paru.

  • Merokok

Tidak hanya laki-laki saja yang memiliki kebiasaan merokok, namun wanita juga bisa memiliki kebiasaan tersebut sehingga hal ini bisa memicu munculnya penyakit kanker paru-paru.

Meskipun tidak merokok, namun wanita yang sering terpapar asap rokok dari orang-orang di sekelilingnya pun memiliki resiko yang sama seperti perokoko aktif, karena kandungan asap rokok sangat berbahaya karena mengandung zat kimia seperti tar dan nikotin.

Nah, itulah penyebab kanker paru-paru pada wanita yang wajib anda ketahui, karena dengan mengetahui penyebabnya anda bisa menghindari dari penyakit yang berbahaya seperti kanker dan dengan begitu kita bisa lebih berhati-hati dalam beraktivitas.

Pencegahan Kanker Paru-Paru

Meskipun kanker paru-paru dikenal dengan kanker yang sulit untuk disembuhkan, namun kanker paru-paru adalah jenis kanker yang bisa dicegah jika melakukan beberapa langkah-langkah pencegahan sejak dini seperti :

  • Menghindari rokok dan asapnya
  • Perhatikan makanan
  • Aktivitas sehari-hari
  • Melakukan pemeriksaan kesehatan
  • Menghindari zat-zat kimia
  • Lingkungan yang berbahaya
  • Mengkonsumsi obat herbal kanker paru-paru

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga infomasinya bisa bermanfaat dan bisa menjawabb rasa ingin tahu anda serta menambah wawasan tentang penyakit kanker paru-paru ini.Terimakasih atas kunjungannya !

by post : Obat Batu Empedu Alami

You may also like...