Penderita Batu Empedu, Wajib Menghindari Makanan Berikut Ini

Guna untuk membantu mempercepat penyembuhan penyakit batu empedu maka penderita batu empedu, wajib menghindari makanan berikut ini, silakan di simak !

Penderita Batu Empedu, Wajib Menghindari Makanan Berikut Ini

Batu empedu adalah suatu endapan keras yang terbentuk pada organ kecil yang terletak di bawah hati disebut sebagai kandung empedu, dimana endapan ini kemudian menghalangi saluran empedu.

Proses terhalangnya saluran empedu selanjutnya menyebabkan berbagai gejala seperti : nyeri perut dibagian atas dan punggung atas yang bisa berlangsung selama beberapa jam, masalah pencernaan lainnya termasuk kembung, gangguan pencernaan dan mulas.

Menurut Harvard Health Publications 80% batu empedu terbuat dari kolesterol dan 20% lainnya terbuat dari garam dan bilirubin.Dimana makanan tertentu diketahui bisa menyebabkan seseorang memiliki penyakit batu empedu seperti halnya makanan yang mengandung kolesterol tinggi.Maka untuk itu penderita batu empedu, wajib menghindari berikut ini :

  • Makanan Olahan

Bagi penderita batu empedu sebaiknya anda harus menghindari makanan yang diolah (makanan olahan) seperti : roti putih, pasta tepung, nasi putih dan gula harus mengkonversi lemak yang tersimpan, karena mungkin bisa menyebabkan peningkatan kolesterol batu empedu.

  • Telur

Telur menjadi salah satu makanan yang harus dihindari penderita batu empedu karena telur sebenarnya jenis makanan sehat yang berkhasiay untuk mendukung fungsi tubuh, namun begitu menurut University of Maryland Medical Center bahwa telur merupakan makanan tinggi alergen dan tinggi kolesterol.

  • Makanan Digoreng

Menghindari makanan yang diproses dengan digoreng juga penting untuk anda perhatikan, karena makanan yang digoreng diketahui mengandung lemak jenuh tinggi.

Menggorang makanan dengan lemak yang terhidrogenasi parsial, lemak trans dan lemak jenuh akan memperbutuk rasa sakit pada penderita batu empedu.Maka untuk itu sebaiknya gunakan minyak zaitun atau canola sebagai alternatif yang sehat untuk menggorang makanan tertentu.

  • Produk Susu

Seluruh produk susu yang mengandung lemak tinggi diketahui bisa meningkatkan resiko penyakit batu empedu seperti : susu, keju, es krim, yoghurt, krim kental dan krim asam mengandung kadar tinggi lemak hewani.Namun jika masih ingin mengkonsumsi produk susu sebaiknya pilih susu yang tidak mengandung lemak tinggi.

Produk susu rendah lemak berarti tersebut mengandung lemak 25% lebih rendah dari produk acuannya.Jadi jika susu full cream mengandung 3% lemak, maka susu rendah lemak mengandung lemak 25% lebih rendah dari 3% lemak susu full cream.

  • Makanan Kemasan

Menurut University of Maryland Medical Center, asam lemak trans biasanya hadir dalam makanan kemasan sehingga cenderung menginduksi gejala batu empedu.Sebenarnya beberapa produsen makanan telah mengurangi dan ada juga yang telah memangkas lemak trans yang terdapat dalam makanan kemasan.

Namun jika anda masih ragu, anda bisa menghindari beberapa makanan kemasan seperti : keripik kentang, kerupuk, kue dan donat.

  • Daging Lemak Tinggi

Norfolk dan Norwich University Hospitals menganjurkan untuk menghindari daging dengan kandungan lemak yang tinggi.Ini termasuk daging merah, daging babi, sosis dan ikan berminyak.Makan daging yang berlemak bisa mengiritasi batu empedu dan memperparah keluhan.

Nah itulah beberapa makana yang wajib dihindari oleh penderita batu empedu, guna untuk mempercepat proses penyembuhan yang telah dijalani saat ini.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi jalan kesembuhan bagi penyakit yang anda derita saat ini.

Baca Juga :

by post : Obat Batu Empedu Alami

You may also like...