Operasi Mata Glaukoma

Operasi mata glaukoma merupakan salah satu upaya yang sering dilakukan untuk mengatasi mata glaukoma, yang mana tujuan operasi ini adalah untuk membantu mengurangi rasa sakit yang dipicu oleh mata glaukoma.

Operasi Mata GlaukomaGlaukoma sendiri adalah sebuah jenis penyakit yang umum dimana penyakit ini berhubungan dengan kerusakan saraf optik atau penglihatan, biasanya kondisi ini disebabkan oleh adanya tekanan di dalam mata yang meningkat.

Entah itu diakibatkan oleh berlebihannya produksi cairan mata atau karena saluran pembuangan cairan yang terhambat, yang mana serabut saraf retina pun akhirnya bisa rusak akibat tekanan tersebut.

Padahal saraf retina tersebut adalah jaringan saraf yang menjadi pelapis bagian belakang mata serta saraf optik yang menjadi penghubung dari mata ke otak.Sampai saat ini belum tahu pasti mengaapa cairan mata bisa terproduksi secara berlebihan, hanya melakukan operasi glaukoma yang menjadi solusi tepat untuk menyembuhkannya.

Prosedur Operasi Mata Glaukoma

Untuk berapa lamanya operasi berlangsung, ini biasanya tak akan lama kira-kira hanya 45-75 menit saja untuk prosedur operasi sayatan sedangkan untuk prosedur operasi yang lainnya akan membutuhkan waktu antara 4-8 jam dan sudah termasuk dari waktu datang hingga pulang.

Dan berikut ini ada 3 prosedur atau teknik operasi yang biasa dilakukan oleh dokter dalam melakukan operasi mata glaukoma diantaranya :

1) Operasi Sayatan

Pada proses ini, dokter akan memakai instrumen kecil yang menghapus sebagian dari mata untuk menciptakan lubang berukuran kecil tepat di area bawah konjungtiva alias lapisan sekitar mata.Operasi inilah yang membuat jalan supaya cairan mata bisa sebab sebelumnya telah disebutkan bahwa penyumbatan pada bagian pembuangan.

2) Drainase Implan

Ketika metode operasi sayatan tak begitu berhasil, maka kemungkinan besar dokter bakal menyarankan pasien glaukoma menggunakan jalur penggunaan implan, yang mana dokter akan secara tiba-tiba memasukan tabung khusus ke dalam ruangan anterior supaya cairan bisa mengalir lebih lancar.

Hanya saja, prosedur yang satu ini justru memiliki risiko yang lebih tinggi dan hanya akan sukses bila dilakukan oleh dokter yang benar-benar ahli dan terpercaya.

3) Operasi Laser

Untuk operasi laser ini dibagi menjadi beberapa bagian metode yang bida anda ketahui yakni :

  • Cyclophotocoagulation

Operasi semacam ini biasanya dokter bakal lakukan untuk membuat mata beku dan akan memproduksi aqueous humour yang tadinya sempat tersumbat.Prosedur ini pada umumnya bakal dilaksanakan oleh dokter pada pasien dengan kondisi kerusakan saraf mata serius, yang mana pembekuan ini bisa dilakukan dengan memakai laser.

  • Trabeculoplasty

Penggunaan sinar laser adalah yang dimanfaatkan oleh dokter supata penyumbatan pada area trabecular meshwork bisa dibuka.Prosedur ini juga diketahui bisa diulang berkali-kali dimana hal ini justru menjadi keuntungan bagi pasien yang apabila mengalami glaukoma atau masalah mata yang sama dikemudian hari.

  • Iridotomy

Pada prosedur operasi laser ini, aliran aquerous humour bakal di buat lebih lancar dengan cara membentuk lubang kecil.Proses pembentukan lubang kecil akan bertempat di iris dengan memakai sinar laser, hal ini merupakan salah satu cara terbaik yang bisa ditempuh untuk mengatasi glaukoma.

  • Cyclodiode

Untuk metode ini dokter akan merusak sebagian kecil dari jaringan yang bertugas memproduksi aqueous humour, meski kelihatannya cukup mengerikan namun cara ini menjadi cara yang tak begitu berisiko dan mampu memberikan hasil terbaik bagi pasien.

Resiko Efek Samping Pasca Operasi Mata Glaukoma

Hampir semua tindakan operasi, pastinya akan menimbulkan resiko atau dampak termasuk operasi mata glaukoma.Dan berikut ini ada beberapa resiko efek samping pasca operasi mata glaukoma yakni :

  • Kaburnya penglihatan
  • Hilangnya penglihatan sentral yang terjadi secara mendadak dan berisiko permanen
  • Mata mengalami pendarahan
  • Mata mengalami tekana tinggi sehingga menjadi penyebab malignat glaukoma
  • Infeksi mata
  • Penurunan kelopak mata sehingga akan menjadikan mata anda kelihatan sayu
  • Terjadi perubahan pada saraf belakang mata

Namun bagi anda pasien mata glaukoma yang saat ini disarankan operasi, anda tidak perlu khawatir karena efek samping tersebut jarang terjadi karena tentunya dokter akan selalu berusaha maksimal supaya operasi yang dilakukan tidak menimbulkan komplikasi yang berbahaya.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai operasi mata glaukoma, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

by post : Obat Batu Empedu Alami

You may also like...