Gejala Penyakit Jantung Bawaan

Banyak orang yang masih belum tahu gejala penyakit jantung bawaan, padahal hal ini penting untuk diketahui guna mencegah terjadinya komplikasi yang berbahaya seperti gagal jantung dan aritmia.

Berikut ini ada beberapa gejala penyakit jantung bawaan yang kerap muncul dan dirasakan oleh penderitanya, silakan di simak !

Gejala Penyakit Jantung BawaanGejala Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit jantung bawaan atau dalam istilah medis disebut dengan congenital heart disease merupakan suatu kelainan pada struktur jantung yang dialami sejak lahir.

Dimana kondisi tersebut bisa mengakibatkan gangguan pada aliran darah dan jantung, baik yang tergolong ringan ataupun kompleks sehingga berpotensi membahayakan nyawa seseorang.

Maka tidak heran jika penderita penyakit jantung bawaan disarankan untuk memantau kondisi jantungya seumur hidup walaupun sudah pernah diobati saat masih kecil.Hal ini dilakukan untuk mendeteksi jika terdapat gejala ataupun tanda yang membahayakan sejak dini.

Berikut ini ada beberapa gejala yang bisa terlihat dan dirasakan oleh penderita jantung bawaan, tergantung jenis dan berat ringannya kelainan diantaranya :

  1. Tidak nafsu makan
  2. Mengeluarkan keringat berlebihan
  3. Terasa sakit pada dada
  4. Mudah lelah
  5. Napas terasa cepat dan pendek
  6. Mengalami penurunan berat badan
  7. Detak jantung yang tidak beraturan (aritmia)
  8. Kesulitan berolahraga atau melakukan aktivitas tertentu
  9. Sianosis atau kulit menjadi kebiruan
  10. Pembengkakan pada jaringan atau organ tubuh (edema)
  11. Kelainan bentuk ujung jari dan kuku yang dikenal dengan jari tabuh (clubbing fingers)

Namun, pada sebagian kasus gejala bisa tidak terlihat pada waktu bayi lahir dan baru muncul pada saat mencapai usia remaja atau menjelang dewasa.

Pada umumnya penyakit jantung bawaan terjadi karena adanya gangguan pada proses pembentukan dan perkembangan jantung saat janin berada di dalam kandungan.Selain itu, berikut ini ada beberapa faktor yang diduga bisa meningkatkan risiko terjadinya kondisi ini diantaranya :

  • Akibat mengkonsumsi alkohol secara berlebihan
  • Faktor genetika
  • Akibat mengkonsumsi obat-obatan tertentu
  • Diabetes
  • Flu
  • Merokok
  • Infeksi rubella atau campak jerman

Pengobatan Dan Pencegahan Penyakit Jantung Bawaan

Dalam kasus ini, dokter biasanya akan menyesuaikan pengobatan penyakit jantung bawaan sesuai dengan kondisi dan jenis kelainan yang dialami oleh pasien.Jika kondisi yang dialami pasien tergolong ringan, maka pengobatan mungkin tidak diperlukan namun kondisi tersebut perlu dimonitor secara berkala.

Bagi penderita penyakit jantung bawaan yang tergolong moderat hingga berat, beberapa cara pengobatan akan dirasakan seperti pemberian obat-obatan, operasi, pengaturan pola makan dan olahraga.

Penyakit jantung bawaan tidak sepenuhnya bisa dicegah, meskipun demikian penderita bisa menekan tingkat keparahannya melalui langkah-langkah berikut ini :

  • Mengkonsumsi obat-obatan dan berolahraga secara rutin
  • Berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan perawatan gigi untuk menghindari komplikasi
  • Mengenal gejala dengan baik dan memonitor kondisi jantung secara berkala
  • Merencanakan kehamilan agar tidak membahayakan ibu dan bayi
  • Menekan aktifitas fisik dan mental agar tidak mudah lelah
  • Konsumsi obat herbal penyakit jantung bawaaan

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai gejala penyakit jantung bawaan, semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi jalan kesembuhan bagi penyakit yang anda derita.

Baca Juga :

by post : Obat Batu Empedu Alami

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *