Berapakah Minus Mata (Rabun Jauh) Yang Paling Rendah ?

Banyak orang yang masih belum tahu berapakah mata minua (rabun jauh) yang paling rendah ? nah, maka untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi seputar mata minus.Maka silakan di simak !

Berapakah Minus Mata (Rabun Jauh) Yang Paling Rendah ?Mata minus atau rabun jauh memiliki istilah medis disebut dengan miopi, dimana kondisi ini menyebabkan anda kesulitan melihat benda atau objek yang jaraknya jauh.

Sinar yang direfleksikan dari sebuah objek masuk ke mata melalui kornea, kemudian difokuskan oleh lensa mata ke retina.Pada mata normal, lensa mata dan kornea membiaskan cahaya yang masuk sehingga bayangan objek difokuskan tepat diretina.

Sedangkan pada mibnus, cahaya yang masuk tidak fokus di retina, namun jauh didepannya.Hal ini bisa disebabkan oleh karena korena terlalu cembung atau panjang bola mata yang terlalu besar sehingga anda memiliki mata minus pada objek dari jarak jauh, dimana objek akan terlihat tidak fokus.

Untuk besarnya keparahan mata minus ditandai dengan ukuran dioptri (D).Berdasarkan tingkat keparahannya, mata minus terbagi menjadi tiga yakni :

  1. Miopi rendah (minus 0.5D hingga minus 3D)
  2. Sedang (minus 3D hingga 6D)
  3. Berat (diatas 6D)

Maka untuk itu bisa dikatakan bahwa mata minus yang paling rendah itu berada pada minus 0.5 D hingga minus D.Mata minus biasanya akan menimbulkan beberapa gejala berupa :

  • Sering memicingkan mata pada saat melihat sesuatu
  • Sakit kepala
  • Kesulitan saat melihat sesuatu dari jarak jauh namun jelas saat melihat jarak dekat
  • Ketika menonton telivisi harus dekat agar terlihat jelas
  • Kesulitan melihat saat mengendarai kendaraan
  • Perlu duduk dekat dengan papan tulis (miopi pada anak) untuk melihat jelas
  • Sering mengucek mata
  • Mata terasa tegang
  • Mata terasa lelah
  • Mata sering berkedip

Kapan Harus Mulai Memeriksa Mata ?

Semakin bertambahnya usia, maka ketajaman mata anda akan semakin berkurang.Jika anda mengalami beberapa gejala diatas atau memiliki kemungkinan mengalami kerusakan mata sebaiknya periksakan mata anda.

Bila tidak ada keluhan penglihatan, orang dewasa tetap dianjurkan untuk pemeriksaan rutin mata mulai usia 40 tahun.Di usia 40 hingga 54 tahun, pemeriksaan mata bisa dilakukan tiap dua hingga empat tahun.

Pada usia 40 hingga 45 tahun, pemeriksaan mata dilakukan tiap dua hingga empat tahun.Pada usia 55 sampai 64 tahun, tiap satu hingga tiga tahun.Dan pada usia 65 tahun ke atas lakukan pemeriksaan setiap satu atau dua tahun.

Sedangkan pada anak-anak, ada baiknya mulai menjalani pemeriksaan mata saat sebelum sekolah pada saat mulai memasuki masa sekolah, lakukan rutin tiap satu atau dua tahun.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Meskipun mata minus tidak bisa dicegah, namun bisa diperlambat perkembangannya dengan menjaga kesehatan mata.Berikut ini ada beberapa hal yang perlu anda lakukan supaya mata anda tetap sehat yakni :

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda terhadap gangguan mata ini serta terimakasih telah menyimak artikel sederhana kami ini.

Baca Juga :

by post : Obat Batu Empedu Alami

You may also like...