8 Jenis Kelainan Pada Retina Mata

Jenis Kelainan Pada Retina Mata – Umumnya kelainan retina mata sering dialami oleh orang dewasa, namun tidak menutup kemungkinan jika anak-anak juga bisa mengalaminya.

Dimana kelainan pada retina mata ini lebih sering diakibatkan karena seseorang yang menderita penyakit tertentu yang berhubungan dengan saraf-saraf retina bagian dalam.

8 Jenis Kelainan Pada Retina MataPenyebab Kelainan Pada Retina Mata

Berikut ini adalah beberapa faktor pemicu yang bisa meningkatkan risiko seseorang untuk terkena kelainan pada retina mata diantaranya :

  • Adanya penyempitan dan penyusutan pembuluh darah mata yang memicu saraf optik menjadi membengkak dan menganggu kemampuan lensa mata ketika menangkap cahaya
  • Karena menderita penyakit tekanan darah tinggi yang menahun
  • Karena adanya pembengkakan dan penebalan dinding arteri yang menyerupai plak
  • Penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskuler termasuk penyakit jantung dimana arteri jantung terganggu
  • Karena menderita diabetes menahun yang menyebabkan penyempitan vena dan menyumbat pembuluh darah kecil secara perlahan akibat pengendapan gula darah yang terlalu tinggi
  • Kebiasaan merokok yang berlebihan dan jangka panjang bisa merusak lapisan mata hingga menuju retina mata
  • Karena menurunya kekebalan tubuh sehingga melemahkan kemampuan retina mata dalam mengelola cahaya yang ditangkapnya
  • Seseorang yang memiliki riwayat penyakit stroke berat memungkinkan saraf kecil bagian retina mata terganggu
  • Memiliki kolesterol tinggi sehingga mampu menyumbat pembuluh darah yang membawa darah menuju mata

Jenis-Jenis Kelainan Pada Retina Mata

Dan berikut ini ada beberapa jenis kelainan pada retina mata yang kerap muncul dan bisa dialami oleh penderitanya antara lain :

1) Retinopati Diabetes

Penyempitan vena retina secara bertahap yang diakibatkan karena penumpukan gula darah yang mengendap pada pembuluh darah atau arteri mata sehingga penglihatan sangat pendek dan selalu kesulitan melihat untuk jarak yang jauh.

2) Retinopati Hipertensi

Tekanan darah yang terlalu tinggi bisa mempengaruhi kestabilan pembuluh darah pada retina mata sehingga dindingnya bisa mengalami penebalan yang menyerupai plak dan memblokir asupan darah berisi oksigen yang mengalir ke retina.

3) Ablasio Retina

Retina mengalami sobekan pada jaringan saraf yang jika sudah parah bisa menyebabkan lepasnya pelapis retina sehingga seseorang bisa mengalami kemunduran penglihatan bahkan kebutaan permanen.

Pada umumnya ablasio retina sering terjadi pada penderita miopi dan penderita katark yang masih dalam proses pemulihan setelah operasi.

4) Degenerasi Makula

Terjadi penurunan kuantitas retina dalam menangkap cahaya dengan cepat dan benar, dimana degenerasi makula lebih sering diakibatkan karena usia lanjut seseorang karena semakin lanjut usia maka akan semakin berkurang kepekaan dan kekuatan saraf optik dalam menangkap cahaya.

5) Kerusakan Pembuluh Darah

Telah terjadi perdarahan pada pembuluh darah sehingga mempersulit pasokan darah berisi oksigen untuk masuk, dimana kondisi ini bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah menuju retina.

6) Penyumbatan Arteri Retina

Tersumbatnya arteri retinal yang bertugas untuk membawa aliran darah kejaringan retina yang dikarenakan retina mata sedang mengalami trauma misalnya tertusuk benda tumpul, terbentur dan sebagainya yang menyebabkan peradangan pembuluh darah.

7) Infeksi Retina Mata

Dikenal juga dengan sebutan endophthalmitis disebabkan karena masuknya bakteri atau mikroorganisme melalui aliran darah yang mengalir menuju retina mata sehingga seseorang mengalami kebutaan ketika malam hari tiba.

8) Retinis Pigmentosa

Menurunnya kualitas penglihatan mata ketika malam hari tiba bisa disebabkan seseorang telah terserang retinitis pigmentosa yakni telah terjadi kemunduran kekuatan saraf secara progresif pada retina mata karena hantaman benda tajam atau tumpul penggunaan obat mata yang telah terkontiminasi dengan virus atau jenis organisme lain.

Itulah beberapa jenis kelainan pada retina mata yang bisa terjadi dan dialami oleh seseorang yang memiliki keluhan pada mata mereka sehingga kelainan ini harus anda waspadai keberadaannya.

Pencegahan Kelainan Pada Retina Mata

Selain mengetahui beberapa jenis kelainan pada retina mata, anda juga perlu melakukan beberapa hal guna untuk mencegah timbulnya kelainan pada retina mata diantaranya :

  • Hindari asap rokok
  • Menjaga tekanan darah
  • Hindari aktifitas berbahaya
  • Menghirup karbon dioksida dan oksigen
  • Suplemen vitamin A
  • Mengontrol gula darah
  • Konsumsi obat herbal pencegah penyakit retina

Demikianlah informasi tentang 8 jenis kelainan pada retina mata yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda serta menjawab rasa ingin tahu anda.Terimakasih atas kunjungannya !

by post : Obat Batu Empedu Alami

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *