6 Komplikasi Batu Empedu Pada Tubuh Yang Serius

6 Komplikasi Batu Empedu Pada Tubuh Yang Serius – Seperti apa yangtelah kami sebutkan sebelumnya pada artikel cara mengobati batu empedu, bahwa penyakit batu empedu termasuk ke dalam penyakit yang serius sehingga harus mendapatkan penanganan yang serius.

Jika tidak segera di atasi bisa menimbulkan komplikasi yang serius dan berikut ini ada beberapa komplikasi batu empedu yang bisa terjadi, silakan di simak !

6 Komplikasi Batu Empedu Pada Tubuh Yang SeriusKomplikasi Batu Empedu

Batu empedu adalah kondisi dimana cairan empedu yang mengeras atau membatu yang terbentuk dalam kantong empedu.Kantong empedu sendiri merupakan organ kecil yang berbentuk seperti : buah pir yang terletak di perut bagian kanan, tepatnya di bawah hati.

Biasanya ukuran batu empedu bermacam-macam, ada yang sekecil butiran pasir dan ada juga yang sebesar bola pingpong.Jumlah batu yang terbentuk dalam kantong empedu juga bervariasi seperti ada orang yang hanya memiliki satu buah batu dan ada yang lebih banyak.

Kondisi ini di duga terbentuk akibat pengerasan kolesterol yang tertimbun dalam cairan empedu, hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara jumlah kolesterol dan senyawa kimia dalam cairan tersebut.

Dan berikut ini ada beberapa faktor lain yang bisa meningkatkan risiko anda untuk terkena batu empedu diantaranya :

  • Jenis kelamin
  • Akibat pengaruh berat badan
  • Faktor Usia
  • Akibat dampak melahirkan

6 Komplikasi Batu Empedu Pada Tubuh Yang Serius

Batu empedu bisa menyebabkan penyumbatan pada saluran empedu atau pindah ke dalam sistem pencernaan, yang mana hal ini biasanya akan menyebabkan beberapa komplikasi serius seperti :

1) Abses kantong empedu

Nanah terkadang bisa muncul di dalam kantong empedu akibat infeksi yang parah.Jika ini terjadi, maka penanganan dengan antibiotik saja tidak cukup dan nanah akan perlu di sedot.

2) Pankreatitis Akut

Salah satu komplikasi yang bisa terjadi jika batu empedu keluar dan menyumbat saluran pankreas, yang mana peradangan pankreas ini akan menyebabkan rasa sakit yang hebat pada bagian tengah perut.Rasa sakit tersebut bisa bertambah parah dan menjalar ke punggung terutama setelah makan.

Selain akan merasakan rasa sakit, pankreatitis akut ini juga bisa menimbulkan gejala lain berupa : nafsu makan berkurang, diare, mual dan muntah, mengalami demam serta sakit kuning.

3) Radang Kantong Empedu Akut

Sering juga disebut dengan kolesistis terjadi saat cairan empedu menumpuk dalam kantong empedu karwna ada batu empedu yang menyumbat saluran keluarnya cairan itu.Kondisi ini biasanya akan menimbulkan gejala berupa :

  • Akan merasakan sakit di perut bagian atas yang menjara ke tulang belikat
  • Mengalami demam
  • Detak jantung yang cepat

4) Kanker Kantong Empedu

Penderita batu empedu memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena kanker kantong empedu, meskipun komplikasi ini jarang terjadi.Bahkan bagi orang yang berisiko tinggi karena faktor keturunan sekali pun.

Gejala kanker ini hampir sama dengan penyakit batu empedu yang mana meliputi : Mengalami demam tinggi, sakit kuning dan akan merasakan sakit perut.

5) Penyumbatan Saluran Empedu

Tersumbatnya saluran empedu oleh batu membuat saluran ini menjadi rentan terserang bakteri penyebab infeksi atau dalam istilah medis di sebut dengan kolangitis akut, yang mana umumnya komplikasi ini bisa di tangani dengan antibiotik dan prosedur kolangiopankreatografi retrograd endoskopik (ERCP).

Biasanya komplikasi ini akan menimbulkan gejala seperti : rasa sakit di perut bagian atas yang menjalar ke tulang belikat, mengalami demam, sakit kuning, meriang, gatal pada kulit dan linglung.

6) Peritonitis

Salah satu peradangan yang terjadi pada lapisan perut sebelah dalam yang dikenal sebagai peritoneum, yang mana komplikasi ini terjadi akibat pecahnya kantong empedu yang mengalami peradangan parah.

Nah, itulah beberapa komplikasi batu empedu yang bisa terjadi apabila penyakit batu empedu tidak segera di tangani dan diobati.

Mengubah pola makan dan menurunkan berat badan bagi mereka yang mengalami obesitas bisa membantu mencegah terbentuknya batu empedu.Itu karena obesitas merupakan salah satu faktor risiko yang bisa menyebabkan komplikasi batu empedu, maka anda perlu menjaga berat badan supaya tidak menimbulkan obesitas.

Sebelumnya sudah di jelaskan di atas tadi bahwa batu empedu di duga terbentuk akibat pengerasan kolesterol yang tertimbun dalam cairan empedu.Karena itu, sebaiknya mulai dari sekarang lakukanlah pola makan yang sehat dan seimbang serta menghindari konsumsi makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai 6 komplikasi batu empedu pada tubuh yang serius, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga Artikel Lainnya :

You may also like...