14 Gejala Penyakit Batu Empedu

Mengetahui 14 gejala penyakit batu empedu merupakan hal yang paling penting bagi penderita batu empedu, supaya bisa mencegah batu empedu menimbulkan keparahan.

Kantung empedu sendiri adalah sebuah kantong kecil yang terletak tepat di bagian bawah hati, yang mana memiliki fungsi untuk menyimpan hasil cairan empedu.

Gejala Penyakit Batu EmpeduEmpedu merupakan cairan yang diproduksi oleh hati untuk menghancurkan lemak, pada saat cairan empedu dihasilkan oleh hati makan akan menuju kantung empedu melewati saluran empedu.Yang mana cairan tersebut kemusian akan di salurkan ke sistem pencernaan ketika tubuh anda sedang membutuhkan cairan tersebut.

Batu empedu adalah sebuah batu yang keras dan kecul serta terbentuk dalam bagian kantung empedu yang awalnya terbentuk dari kolesterol dan biasanya tidak akan menimbulkan gejala apapun.

14 Gejala Penyakit Batu Empedu

Namun, apabila kondisi batu empedu menimbulkan konsisi yang parah dimana batu empedu menghambat saluran empedu maka bisa menyebabkan beberapa gejala seperti :

#1 Akan merasakan nyeri setelah mengkonsumsi makanan yang berminyak

Merasakan nyeri yang terus menerus menyerang dari bagian perut hingga tulang belikat akan semakin terasa setelah mengkonsumsi makanan yang berminyak.

#2 Depresi / bingung

Biasanya batu empedu akan merasaka depresi dan sangat bingung, yang mana kondisi ini berhubungan denga kondisi tubuh yang sulit menerima nutrisi dari makanan.

#3 Sakit saat bernafas

Pada saat penderita batu empedu sudah masuk ke tahap yang lebih buruk, maka perut akan terasa sakit ketika bernafas.

#4 Diare kronis dan gas berlebihan

Penderita batu empedu juga bisa mengalami diare yang sangat parah, yang mana bisa menyebabkan penderita sering buang air besar dengan karakter tinja yang lebih encer.

#5 Penyakit kuning

Penderita batu empedu juga bisa terkena penyakit kuning yang di tunjukan dengan kulit dan bagian mata putih yang mulai menguning.

#6 Detak jantung semakin cepat

Salah satu gejala yang sering di remehkan oleh penderita batu empedu kronis adalah detak jantung yang semakin cepat.

#7 Nyeri perut / kolik bilier

Penderita batu empedu biasanya akan merasakan sakit perut secara tiba-tiba dan bisa berlangsung antara satu hingga lima jam paling lama.

#8 Warna tinja dan urin lebih gelap

Cairan empedu yang dihasilkan oleh batu empedu memang memiliki fungsi untuk membantu sistem pencernaan.Namun ketika ada batu empedu yang menghambat kerja saluran empedu maka sistem pencernaan tidak bisa bekerja dengan baik sehingga akan membuat warna tinja menjadi lebih gelap dan kurang normal.

#9 Demam

Mengalami demam juga sering terjadi pada penderita batu empedu, meskipun sebenarnya demam bisa menjadi pertanda untuk semua jenis penyakit seperti penyakit tifus, demam berdarah atau jenis penyakit lainnya.

#10 Sering gemetar

Penderita batu empedu juga akan merasakan sering gemetar dan konsisi gerakan tubuh pun akan sulit untuk dikendalikan.

#11 Angin duduk (angina)

Pada saat sesak nafas sudah terjadi maka penderita batu empedu bisa merasakan angina atau sakit dada yang cukup parah sekali.

#12  Gangguan pencernaan

Biasanya penderita batu empedu akan mengalami gangguan pencernaan yang sangat buruk.

#13 Terasa saat kenyang

Kram perut dan nyeri perut yang terjadi pada penderita batu empedu memang sangat menyiksa sekali  sehingga kondisi ini bisa menyebabkan penurunan nafsu makan yang sangat drastis.

#14 Kram perut

Pada umumnya penderita batu empedu tidak menyadari kondisi batu empedu hingga dilakukan pemeriksaan, yang mana hal ini disebabkan oleh batu empedu yang sering menyebabkan rasa sakit kemudia hilang sendirinya.

Cara Mencegah Batu Empedu

Jika anda ingin mengurangi beberapa gejala yang sering muncul pada batu empedu, sebaiknya anda lakukan pencegahan sedini mungkin yakni :

  • Konsumsi makanan sumber lemak sehat – Meskipun mengkonsumsi lemak bisa menyebabkan batu empedu, namun jenis lemak sehat sangatlah diperlukan sekali
  • Kurangi mengkonsumsi karbohidrat padat – Dengan mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan padat, maka anda bisa menjaga kesehatan kandung empedu dan hati.
  • Hindari terapi hormon dengan obat – Wanita yang mengkonsumsi obat pengatur hormon seperti pil KB memiliki risiko tinggi terkena penyakit batu empedu.
  • Menjaga berat badan – Jika anda ingin mencegah berat badan maka usahakan untuk menjaga berat badan supaya tetap stabil dan normal.
  • Kurangi Konsumsi gula – Beberapa jenis makanan, minuman dan cemilan yang mengandung gula tinggi harus dihindari karena bisa menyebabkan masalah pada kandung empedu.
  • Lakukan olahraga – Melakukan olahraga secara teratur tidak hanya bisa membantu menjaga berat badan secara seimbang, namun juga bisa membantu menurunkan kolesterol.
  • Kurangi Alkohol – Alkohol memang memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan misalnya bisa meningkatkan efek  pada batu empedu.
  • Konsumsi makanan sehat – Mengkonsumsi makanan yang sehat sangatlah penting untuk mencegah batu empedu.
  • Hindari makanan lemak hewani – Bagi orang yang menderita gejala batu empedu sebaiknya harus mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak hewani.
  • Hindari obat untuk menurunkan kolesterol – Beberapa orang yang memiliki kolesterol tinggi sering mendapatkan resep obat penurun kolesterol, namun justru obat tersebut bisa menyebabkan terbentuknya batu empedu.
  • Konsumsi makanan tinggi serat – Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat yang tinggi paling sehat sangatlah penting untuk mencegah batu empedu.
  • Konsumsi makanan sumber protein tinggi – Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein super tinggi sangatlah penting untuk kesehatan khususnya kantung empedu.
  • Konsumsi obat herbal batu empedu – Kami merekomendasikan Jelly Gamat QNC yang mampu menuntaskan batu empedu dengan berkomposisikan dari 100% bahan-bahan alami pilihan.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai 14 gejala penyakit batu empedu, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga Artikel Lainnya :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *