10 Penyebab Terjadinya Batu Empedu

Mengetahui 10 penyebab terjadinya batu empedu merupakan hal yang paling umum anda ketahui, supaya anda bisa terhindar dari penyakit batu empedu ini dan bisa mengatasinya apabila anda menderita penyakit batu empedu.

10 Penyebab Terjadinya Batu EmpeduPenyebab Terjadinya Batu Empedu

Batu empedu adalah sebuah deposito cairan empedu yang mengeras atau membatu yang terbentuk di dalam kantong empedu yang merupakan organ kecil berbentuk seperti buah pir yang terletak di perut bagian kanan, tepatnya di bawah hati.

Pada kondisi normal, kantong empedu memiliki cairan pencernaan yang di sebut dengan empedu untuk dilepaskan ke usus kecil.Namun, apabila cairan itu membatu maka proses normal akan terganggu sehingga munculah gejala utama batu empedu yakni sakit perut yang datang secara tiba-tiba.

Cairan empedu sendiri terdiri dari air, kolesterol, lemak, garam empedu (deterjen alami yang memecah lemak) dan pigmen yang di sebut dengan bilirubin.Sesuai dengan komponen penyebabnya, batu empedu memiliki dua jenis yaitu :

  1. Batu Pigmen penyebabnya merupakan terjadi penumpukan unsur dominan berupa bilirubin yang terjadi sekitar 20%.
  2. Batu Kolesterol adalah sejenis batu empedu yang paling banyak (80,0%), sesuai dengan namanya batu ini terdiri dari kolesterol yang mengeras.

Untuk ukuran batu empedu sangatlah bervariasi, ada yang sangat kecil seperti butiran-butiran pasir adapula yang besar sebesae bola golf.Namun, kantung empedu bisa mengembang sesuai dengan besarnya ukuran batunya.Dan berikut ini ada beberapa faktor penyebab yang bisa meningkatkan seseorang terkena batu empedu diantaranya :

  1. Etnis – Beberapa kelompok etnis tertentu memiliki prevalensi batu empedu yang lebih tinggi.
  2. Diet tinggi lemak dan gula bersama dengan gaya hidup tidak aktif – Hal ini akan meningkatkan risiko seseorang terkena batu empedu.
  3. Jenis kelamin – Sangat paling berisiko terkena batu empedu yakni wanita antara 20-60 tahun, tiga kali lebih mungkin untuk mengembangkan batu empedu dibanding laki-laki.
  4. Diabetes – Penyakit ini bisa menjadi penyebab batu empedu karena pada penderita diabetes umumnya memiliki asam lemak yang tinggi di sebut trigliserida yang bisa meningkatkan risiko batu empedu.
  5. Obesitas – Pada sebuah studi klinis, menunjukan bahwa obesitas atau kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko pembentukan batu empedu.
  6. Puasa – Pada orang yang berpuasa kantong empedu akan sedikit berkontraksi, yang mana hal ini menyebabkan konsentrasi tinggi kolesterol yang berpotensi dalam pembentukan batu empedu.
  7. Usia – Meskipun batu empedu bisa menyerang usia berapa saja, namun yang paling sering terjadi yaitu pada usia di atas 60 tahun.
  8. Berat badan turun drastis – Kondisi ini menyebabkan hati mengeluarkan kolesterol ekstra ke dalam cairan empedu sehingga mempermudah terbentuknya batu.
  9. Hormon Estrogen – Dengan adanya kadar estrogen yang tinggi pada wanita yang sedang hamil atau menggunakan terapi perganggian hormon (HRT) atau pil KB maka akan berisiko terkena batu empedu.
  10. Akibat mengkonsumsi obat penurun kolesterol – Obat penurun kolesterol bekerja menurunkan kadar kolesterol dalam darah, tetapi bisa menyebabkan peningkatkan jumlah kolesterol dalam cairan empedu sebagai pembuangannya.

Itulah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab terjadinya batu empedu, yang mana harus anda waspadai supaya anda bisa terhindar dari penyakit yang berbahaya ini.

Penyebab batu empedu jangan di anggap sepele, karena batu empedu bisa menyebabkan penyumbatan pada saluran empedu atau pindah ke dalam sistem pencernaan, yang mana hal ini akan menyebabkan komplikasi yang serius seperti :

1) Penyumbatan saluran empedu

Tersumbatnya saluran empedu oleh batu membuat saluran ini menjadi rentan terserang bakteri penyebab infeksi atau secara medisnya di sebut dengan kolangitis akut.Pada umumnya komplikasi ini bisa di tanganu dengan antibiotik dan prosedur kolangiopankreatografi retrograd endoskopik (ERCP).

2) Radang kantong empedu akut

Komplikasi yang satu ini terjadi saat cairan empedu menumpuk di dalam kantong empedu karena adanya batu empedu yang menyumbat saluran keluarnya cairan ini.

3) Kanker kantong empedu

Penderita batu empedu memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena kanker kantong empedu, meskipun terjadinya sangat jarang dan bahkan bagi orang yang berisiko tinggi karena faktor keturunan sekali pun.

4) Abses kantong empedu

Nanah terkadang bisa muncul dalam kantong empedu akibat infeksi yang parah.Jika ini terjadi, penanganan dengan antibiotik tidaklah cukup dan nanah akan perlu di sedot.

5) Pankreas akut

Komplikasi ini bisa terjadi jika batu empedu keluar dan menyumbat saluran pankreas.Peradangan pankreas ini akan menyebabkan sakit yang hebat pada bagian tengah perut, yang mana rasa sakit akan bertambah parah dan menjalar ke punggung terutama setelah makan.

6) Peritonitis

Salah satu peradangan pada lapisan perut sebelah dalam yang dikenal sebagai peritoneum.Komplikasi ini terjadi akibat pecahnya kantong empedu yang mengalami peradangan parah.

Apabila anda tidak ingin merasakan komplikasi batu empedu seperti di atas, sebaiknya segera atasi batu empedu yang anda derita saat ini hanya dengan mengkonsumsi Jelly Gamat QNC secara rutin 2 kali sehari sebanyak 2 sendok makan.

10 Penyebab Terjadinya Batu EmpeduProduk herbal asli Indonesia ini berkomposisikan dari 100% bahan-bahan alami pilihan seperti : Ekstrak Gamat Emas, Sweetener Stevia, Air RO, Pengemulsi Nabati, Essen Natural, Ekstrak Buah & Sayur.

Diproduksi oleh PT.Bijaksana Maju Utama dan dipasarkan oleh CV.Peduli Semesta Alam.Legalitas produknya pun HALAL dan telah terdaftar di DEPKES P-IRT No.109321601291-1229 sehingga keamanan konsumsinya tidak usah di ragukan lagi.

Jika anda ingin mengetahui lebih lengkap mengenai produk herbal ini, silakan klik ⇒ JELLY GAMAT QNC

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai 10 peneybab terjadinya batu empedu, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga Artikel Lainnya :

You may also like...